Sepakbola

Bukti Statistik Lionel Messi Adalah Pemain Terbaik Dunia

Update.idLima raihan Ballon d’Or belum mampu membuktikan Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia. Pasalnya, jumlah yang sama juga berhasil diraih oleh Cristiano Ronaldo. Namun seorang ilmuwan olahraga asal Inggris, Simon Brundish, memiliki data statistik yang mampu membuktikan kehebatan seorang Messi.

Simon Brundish menggunakan statistik xG (Expected Goals) dan xA (Expected Assist) untuk menyudahi perdebatan tentang siapa pemain terbaik dunia. Dengan bermodalkan statistik tersebut, baik saat bermain untuk klub atau Timnas, ia membuktikan bahwa Messi tak dapat dibandingkan dengan pemain lain saat ini.

Jika melihat statistik assist yang dimiliki Messi, ia mampu mencatatkan satu gol atau assist setiap 48 menit. Catatan itu jauh lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo, yang selama ini memang dianggap sebagai satu-satunya rival terberat Messi.

Baca Juga  3 PR Besar yang harus Segera Diperbaiki Timnas Indonesia U23

Kepada CNN, Brundish mengungkapkan data yang memperlihatkan bahwa dari segi xG dan xA, Messi lebih unggul dari Ronaldo, sehingga membuatnya layak dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia.

“Selama dia masih hidup, Lionel Messi adalah yang terbaik, jika Anda menyebutkan pemain lain sebagai terbaik di dunia (artinya) Messi sedang cedera selama setahun atau dia mati, atau Anda mengatakan kebohongan.”

Pesepak bola berumur 31 tahun itu musim ini memang benar-benar tampil fenomenal untuk Barcelona. Ia memimpin daftar kandidat perebut sepatu emas Eropa sementara dan assist-nya juga menjadi yang paling banyak di Eropa.

Dengan data-data xG dan xA tersebut, Simon Brundish tidak meragukan simpulan analisisnya tentang pemain terbaik di dunia.

Baca Juga  Vinicius Junior Ungkapkan Alasannya Pilih Madrid Ketimbang Barca

Sementara itu selama jeda internasional Maret ini Messi kembali bermain untuk Timnas Argentina setelah absen sejak Argentina dikalahkan Prancis di ajang Piala Dunia 2018 lalu. Namun kembalinya Messi disambut dengan dua hal yang tidak mengenakkan, yakni kekalahan 3-1 timnya di tangan Venezuela dan Messi harus mendapat cedera paha di laga tersebut.

Akankah perbandingan antara Messi dan Ronaldo akan berakhir dengan kesimpulan Brundish? Tampaknya tidak. Siklus perbandingan antara dua pemain terbaik sejagat raya tersebut masih akan berlanjut. Kedua pemain terus menunjukkan kapasitas mereka dengan cara masing-masing, kendati mereka sudah tidak bermain di kompetisi yang sama lagi.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close