Sepakbola

3 PR Besar yang harus Segera Diperbaiki Timnas Indonesia U23

Update.idGelar juara Piala AFF U22 2019 ternyata hanya menjadi euforia sementara bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, beberapa pekan setelah perayaan gelar juara tersebut, Garuda Muda harus menerima kenyataan gagal lolos ke Piala AFC U23 2020 setelah hanya finish ketiga di klasemen Grup K.

Di grup tersebut Indonesia tergabung bersama Thailand, Vietnam dan Brunei Darussalam. Sayangnya, Indonesia langsung dipastikan tersingkir setelah dikalahkan Thailand dan Vietnam di dua laga pertama. Mereka juga harus mati-matian meraih tiga poin dari Brunei dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga  Pelatih Simon McMenemy Puas dengan Formasi Baru Timnas

Target berikutnya adalah SEA Games 2019, namun masih banyak pekerjaan rumah besar yang harus segera diselesaikan oleh Indra Sjafri dan tim pelatih Timnas. Apa saja itu?

1. Permainan Terbaca Lawan

Permainan Timnas U23 di ajang kualifikasi Piala Asia U23 lalu terlalu mudah dibaca lawan. Tak ada perubahan signifikan dari segi permainan meski mereka sudah diperkuat oleh Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri. Situasi ini tentunya membuat Indra Sjafri harus segera mencari alternatif apabila nantinya ia menemukan kebuntuan lagi di ajang SEA Games 2019.

Baca Juga  Kekhawatiran Van Gaal dan Ferguson Soal Man United

2. Lini Serang Lemah

Sepanjang tiga pertandingan babak kualifikasi, hanya dua gol yang berhasil dilesakkan oleh Garuda Muda. Itu menandakan bahwa lini depan tim ini adalah faktor yang harus segera diperbaiki. Sebenarnya Timnas U23 mampu menunjukkan permainan agresif ketika melawan Thailand dan Vietnam, namun hanya di awal-awal laga saja. Peluang yang tercipta pun gagal dimanfaatkan menjadi gol karena penyelesaian akhir yang buruk.

3. Buruknya Antisipasi Bola Mati

Kelemahan ini sejatinya sudah menjadi masalah utama di tim Indra Sjafri sejak gelaran Piala AFF U22 lalu. Bahkan Indonesia di tiga laga kualifikasi lalu memiliki rekor terburuk terkait antisipasi bola mati. Empat gol berhasil menjebol gawang Indonesia dari situasi ini. Selain buruknya antisipasi, para pemain Indonesia juga masih sangat mudah melakukan pelanggaran di area-area berbahaya yang berujung gol.

Menarik untuk dinantikan bagaimana kiprah Indra Sjafri dan timnya di SEA Games 2019 yang tinggal hitungan bulan. Mampukah Garuda Muda bangkit atau justru akan terjadi permasalahan serupa dengan sebelum-sebelumnya?

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close