Sepakbola

Kekhawatiran Van Gaal dan Ferguson Soal Man United

Update.idEks manajer Manchester United, Louis van Gaal, menyoroti cara pengelolaan klub di tubuh Setan Merah. Kekhawatiran yang sama juga pernah diungkapkan oleh Sir Alex Ferguson di akhir kariernya sebagai bos United.

Pelatih asal Belanda pernah dua tahun (2014-2016) menukangi United, dengan prestasi berhasil mengembalikan tim bermain di Liga Champions dan meraih satu trofi Piala FA. Kini, salah satu figur penting dalam sepak bola Belanda itu telah memutuskan untuk pensiun dari profesinya.

Dalam sebuah wawancara di BBC Sport, Van Gaal mengungkap kesalahan yang dibuat oleh manajemen Manchester United, terutama soal dominasi Ed Woodward selaku wakil ketua eksekutif, yang dibantu oleh Matt Judge.

Baca Juga  Bukti Statistik Lionel Messi Adalah Pemain Terbaik Dunia

Setelah dipecatnya manajer Jose Mourinho pada Desember 2018, sejatinya United sudah memberi tanda untuk segera merekrut seorang direktur teknis. Akan tetapi, sejauh ini struktur yang ada di tubuh United masih belum berubah.

Van Gaal pun mengaku bahwa Sir Alex Ferguson pernah menyatakan keprihatinan serupa tetang prioritas The Red Devils.

“Saat ini terdapat struktur yang rumit dengan seorang tangan kanan Woodward,” katanya.

“Tidak terlalu buruk, namun tangan kanan harusnya adalah direktur teknis yang punya pandangan soal sepak bola, bukan seorang bankir. Namun, kita memang membicarakan tentang klub komersial, bukan sebuah kesebelasan sepak bola. Saya telah berbicara tentang ini dengan Ferguson di akhir masa jabatannya dan dia juga mempermasalahkan hal itu.”

Selain itu Van Gaal juga mengatakan tentang cara Woodward menggantikannya dengan Jose Mourinho di akhir musim 2015/16 setelah United meraih trofi Piala FA ke-12 dalam sejarah klub.

Baca Juga  Kembali Tangani Madrid, Zidane Didanai 450 Juta Euro untuk Datangkan Pemain?

“Saya tidak suka dengan cara Woodward menghubungi penggantiku. Dia sudah tahu siapa yang akan menggantikan saya, tetapi dia diam selama enam bulan. Setiap Jumat saya harus bicara di konferensi pers dan ditanyai tentang rumor tersebut [Jose Mourinho]. Apa yang bisa dilakukan sebagai pelatih?”

Sehari setelah pertandingan final Piala FA, Van Gaal sebenarnya sempat bertemu dengan Woodward dan disebutkan bahwa sang manajer masih akan berada di tim satu tahun lagi, lalu Mourinho akan menggantikannya selama tiga sampai lima tahun. Tetapi Van Gaal tidak merasa puas dengan argumen tersebut.

“Saya hargai dia menyewakan pesawat pribadi untuk memulangkan saya ke Portugal, namun argumennya tak cukup baik,” ujar mantan arsitek Timnas Belanda.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close